Insan SMP Adzkia Islamic School diharapkan memiliki kombinasi karakter BAIK dan karakter KUAT sehingga produktif  berbuat kebaikan. Karakter BAIK yang utama yaitu Ikhlas, Jujur Terpercaya, dan Tawadhu, serta karater KUAT utama adalah Disiplin, Berani, dan Tangguh.

a.      Ikhlas

Ikhlas adalah menjadikan Allah sebagai satu-satunya tujuan dalam segala bentuk ketaatan. Orang yang ikhlas adalah orang yang memusatkan pikirannya agar setiap amalnya diterima oleh Allah. Pribadi yang ikhlas sangat jauh dari sifat pamrih, rekayasa, mengharap popularitas, tamak akan kedudukan, jabatan, pujian, penghargaan, dan kerinduan akan balas budi. Kepuasan yang tertanam di lubuk hatinya hanyalah jika amalnya diterima oleh Allah sehingga baginya cukuplah pandangan dan balasan dari Allah semata.

b.     Jujur

Jujur berarti berkata yang benar yang bersesuaian antara lisan dan apa yang ada dalam hati. Jujur juga secara bahasa dapat berarti perkataan yang sesuai dengan realita dan hakikat sebenarnya. Kebalikan jujur itulah yang disebut dusta. Jujur adalah perilaku kunci yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan (kredibilitas).

c.      Tawadhu

Tawadhu’ adalah sifat merendahkan diri, baik di hadapan Allah swt maupun terhadap setiap makhluk. Tawadhu’ adalah lawan kata dari takabur (sombong). Orang yang bertawadhu’ berarti orang yang selalu rela terhadap kedudukan yang lebih rendah, mau menerima kebenaran, serta rendah hati terhadap siapapun. Tawadhu’ adalah rendah hati dengan kesadaran penuh bahwa segala apa pun kelebihan yang ada pada dirinya mutlak adalah milik Allah yang dititipkan, dan semuanya adalah karunia Allah semata. Maka baginya tidak ada celah sedikit pun yang dapat menjadikan segala amal, prestasi atau pujian yang dapat membuatnya menjadi ujub maupun takabur.

d.     Disiplin

Disiplin adalah sikap mental yang tercermin dalam perbuatan, tingkah laku perorangan, kelompok atau masyarakat berupa kepatuhan atau ketaatan terhadap peraturan-peraturan yang ditetapkan atau etika, norma serta kaidah yang berlaku dalam masyarakat. Disiplin diri berarti melatih batin dan watak dalam melakukan segala sesuatu dengan tertib dan teratur secara berkesinambungan untuk meraih impian dan tujuan yang ingin dicapai dalam hidup. Aplikasi disiplin dapat dalam ibadah, waktu, ketertiban, menjalankan peraturan dan tugas serta dalam hal-hal lainnya yang positif.

e.      Berani

Pemberani adalah orang yang berani membela kebenaran dengan resiko apa pun dan takut untuk berbuat yang tidak benar. Sebaliknya, penakut adalah orang yang takut membela kebenaran. Berani adalah suatu tindakan memperjuangkan sesuatu yang dianggap penting dan mampu menghadapi segala sesuatu yang dapat menghalanginya karena percaya kebenarannya.

f.       Tangguh

Tangguh adalah sikap mental tidak merasa lemah terhadap sesuatu yang terjadi dan menimpanya. Tangguh berarti juga memiliki daya tahan yang luar biasa dalam menghadapi aneka kesulitan, tantangan, kebosanan, hambatan, serta tidak mengenal putus asa, bermental baja, pantang menyerah, pantang mengeluh dalam menghadapi kesulitan apapun.

0Shares